3 Cara Membuat Slogan Blog yang Unik dan Keren

3 Cara Membuat Slogan Blog yang Unik dan Keren –Β Ingat slogan ini? Sedikit Nakal, Banyak Akal? Jernih Mengalir Mencerahkan? Itu adalah salah dua dari web yang sering saya baca. Apa coba? tebak!

Bicara tentang slogan blog, saya pernah bingung bagaimana cara membuat slogan yang sekiranya mudah diingat oleh pembaca. Slogan blog saya pun pernah gonta-ganti. Biasalah anak muda suka nggak jelas. Tapi, agaknya saya harus kembali ke arti dari slogan itu sendiri supaya nggak bingung lagi kalau buat slogan.

Slogan itu apa? Menurut KBBI, slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu.

Setelah kalimat di atas itu saya resapi lebih dalam pret, akhirnya saya menyimpulkan setidaknya ada 3 kunci penting yang bisa menjadi patokan dalam membuat slogan blog yang unik dan keren. Apa saja itu?

  1. Kalimatnya Pendek

Pendek aja, nggak usah panjang-panjang seperti slogan blog saya yang lama. *Sebuah pengakuan dosa. Kayak gini nih!

Mencoba menghidupi kehidupan dengan tuntas menjalaninya, merenunginya, menangisinya, menghayatinya, dan menertawakannya.

11 kata cuy, itupun saya aja mesti mengkopi dari tulisan lama yang saya buat. : )))

Lha gimana ceritanya orang lain mau ingat slogan blog milik saya? Saya sendiri aja nggak ingat. Sepertinya saya layak ditoyor.

Di blog saya yang lama pun masih terhitung kalimat panjang. Kayak gini nih slogan blognya :

Postingan yang berantakan seperti isi kepala.

Isi kepala berantakan kok bangga?

Jangan panjang-panjang pokoknya, kalau bisa jangan lebih dari lima kata.

  1. Mewakili Keunggulan dari Blog yang Kamu Buat

Katakanlah blog kamu adalah sebuah produk. Nah, apasih bagusnya blog kamu itu? Coba tuangkan dalam slogan.

Sedikit Nakal, Banyak Akal. Tahulah kalian gimana artikel di Mojok(dot)co? Bisa nulis asu, bajingan, bangsat tanpa sensor, hal-hal tabu pun bisa diulik tanpa babibu sekaligus cerdas. Beberapa penulis mojok juga kalau nulis satire itu mantap. Uwuwuwuwu….

Jernih Mengalir Mencerahkan. Kalau kamu pernah membaca tirto(dot)id. Maka biasanya akan dijumpai tulisan yang cukup panjang dan selalu punya data statistik yang ciamik. Jelas! Setiap tulisan punya metode riset yang cukup mumpuni sehingga tirto bisa dengan bangga membuat slogan Jernih Mengalir Mencerahkan. Metodologi riset dalam tulisan tirto ada dua macam yaitu metodologi periksa data dan riset mandiri.

  1. Jadilah dirimu sendiri

Untuk membuat slogan menjadi unik, menjadi diri sendiri adalah jawaban tepat. Nggak ada sama persis seperti kamu di dalam gegap gempitanya blogsphere.

Yha, kamu unik karena kamu ini manusia dengan kisahnya masing-masing. Bukannya umbi-umbian. Kalian harus sadar itu. PENTING BANGET IKI!!! KAMU BUKAN UMBI-UMBIAN!!!

Mungkin yha, pada poin pertama dan kedua belum muncul dalam pembuatan slogan lama saya. Tapi, poin ketiga ini sudah pasti ada.


Mong ngomong soal slogan, memang sih sepele, bisa diganti kapan saja semau yang punya blog seperti judul (bisa dibaca di sini yang ngomongin Judul Blog). Tapi, pada slogan bisa dilihat apa sih gerangan yang ingin disampaikan penulis, seperti :

Sucisu dengan slogan Β MariΒ  berkisah dan berkasih.

Bisa terbaca, blog pribadi dengan kisah kasihnya… uwuwuw…

Ikha dengan slogan Potongan Cerita yang Berserakan.

Bisa terbaca, blog pribadi yang isinya curhatan. Satu saat bisa ngomongin samudra dan bunga, di saat yang lain bisa ngomongin kobokan dan jeruk nipisnya.

Penadiri dengan slogan Catatan Hati Pengenal Diri.

Bisa terbaca, menulis sebagai ajang refleksi diri.

Review Umami dengan slogan bangun. review. tidur

Bisa terbaca, blog yang suka ngomongin review. Sependek sejauh yang saya baca, kebanyakan ngomongn film.

Blog Tukang Ketik dengan slogan Hilang dan Ditemukan.

Ini orang maunya apa sih? Ahahahahaha : )))))

Akhirnya lewat 3 Cara Membuat Slogan Blog yang Unik dan Keren membuat saya berkaca pada blog saya sendiri.

Poin pertama, Kalimatnya Pendek. Sudah masuk kriteria.

Poin kedua, Mewakili Keunggulan dari Blog yang Kamu Buat. Emmmm… Gimana? Gimana?*pura-pura hilang ingatan.

Poin ketiga, Jadilah dirimu sendiri. Yoilahhh…

Di tulisan saya sebelumnya, saya bilang bahwa blog saya hanya akan membahas seputar blog dan menulis. Hilang dan ditemukan di sini barangkali hanyalah sebuah doa di mana semoga orang-orang yang membaca tulisan saya bisa menghilangkan tanda tanya dan ditemukannya jawaban lewat tulisan saya. *uhuk.

Alasan lainnya adalah saya suka dengan kalimat hilang dan ditemukan. Makin saya mengucapkan atau menuliskannya makin saya suka. Kenapa?

Suka itu kan nggak perlu alasan kan? Yang perlu alasan itu cuma IZIN CUTI KERJA.

YHA!

3 Cara Membuat Slogan Blog yang Unik dan Keren

Buat teman-teman bloger yang kurang berkenan namanya saya sebut di atas, bisa protes di kolom komentar. Buat kamu yang mau membuat slogan semoga sudah nggak bingung lagi. Buat teman-teman bloger lainnya, sudahkah 3 unsur tadi ada pada slogan milikmu?

8 Responses

  1. Wkwkwk..
    Kisah jeruk nipis dan kobokannya boleh juga tuh.

    Hilang dan Ditemukan
    Aku suka slogan blognya Mbak Mo. Hilang dan Ditemukan.

  2. Wah kok tau mbk mo, dulu memang kepikiran pengen buat blog untuk menemukan jati diri gitu atau setidaknya jadi pengingat diri sendiri, namun sekarang yang penting nulis saja deh.

    Kalau site titlenya β€œBlog Tukang ketik” harusnya slogannya ” Tik Tik Tik tik Tik Tik” hahahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top