Bagaimana Cara Tahu Kalau Telegram Kita diblokir (2020)

Bagaimana Cara Tahu Kalau Telegram Kita diblokir (2020)

Pernah memblokir?

Pernah diblokir?

Kalau saya adalah tipe yang lumayan demen memblokir. Hahahhaha. *ketawa jahat. Tapi ada kalanya mungkin diantara kalian bertanya-tanya apa sih ciri-ciri diblokir di telegram?

Sedikit soal telegram. Mong ngomong telegram adalah salah satu apps yang saya demen banget. Apalagi urusan transfer data dari laptop ke PC tanpa banyak cara memusingkan. Dibandingkan dengan WA, telegram juga punya segudang keunggulan?

Gudangnya siapa?

Nggak tahu.

Tapi seperti judulnya, tulisan kali ini bukan membandingkan telegram dan WA. Hanya sedikit mengupas apa sih ciri-cirinya kalau telegram milik kamu, saya, Pa RT, bahkan anggota DPR kalau dalam keadaan diblokir orang lain.

Ini dia. Berlaku sama setiap pengguna.

  1. Foto Profil Ilang… Hanya ada Inisial Nama Saja

Foto profil di telegram agak unik. Karena foto lama kalau nggak dihapus bakalan terus ada walaupun ada foto baru yang ditampilkan. Misalkan teman kamu namanya Bambang. Ketika Bambang memblokir kamu. Kamu nggak bisa melihat foto profil dari bambang.

Hanya ada inisial B dan warna tertentu secara acak.

Tapi bisa saja yang bersangkutan sengaja menghapus semua fotonya. Atau tidak menyimpan kontakmu dan mengatur pengaturan bahwa hanya teman dalam kontak yang bisa melihat fotonya.

Atau Bambang bisa saja memberikanmu pengecualian.

*telegram versi baru punya pengaturan privasi yang cukup baik sih.

  1. Bambang Terlihat Sangat Lama

Perhatikan baik-baik Bambang temanmu.

Misalnya begini. kamu chat sama Bambang hari senin. Kemudian hari selasa esok harinya sudah tertulis bahwa Bambang “terlihat sangat lama”. Ini menandakan Bambang memblokir kamu.

Misalnya si Bambang nggak mau kasih tahu kapan dia terakhir online. Harusnya masih “terlihat belakangan ini.”

Tidak tiba-tiba terlihat sangat lama.

Telegram ini cukup jelas ngasih tahu kalau teman kamu nggak online juga secara real walau nggak diblokir. Seperti “terlihat seminggu yang lalu, terlihat sebulan yang lalu.”

Begitu kira-kira.

Untuk menuju terlihat sangat lama kurang lebih dibutuhkan waktu lebih dari sebulan tidak online.

Btw, telegram juga ada setting akun terhapus sendiri kalau nggak online juga, tergantung pengguna mau menghapusnya dalam berapa lama. 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, sampai 1 tahun.

  1. Apabila Terdapat dalam Satu Grup, Chat Bambang Masih Bisa dilihat

Misalnya ada grup di mana kamu dan Bambang bersama. Kamu masih bisa melihat Bambang enak-enak bagiin stiker goyang dangdut.

Kamu heran kenapa masih bisa melihat Bambang online dengan syahdu. Tapi Bambang nggak ada foto profil dan terlihat sangat lama.

Selamat saudara. Kamu diblokir.

Tapi tenang saja kamu bisa berinteraksi dengan Bambang di dalam grup. Kamu bisa menimpali stiker goyang dangdut milik Bambang dengan stiker senggol bacok milikmu.

Kalau perlu banget ngomong sama Bambang tinggal bilang aja.

Seperti kata pepatah. Kalau tidak bisa diutarakan, diselatankan saja.

Kalau nggak bisa dijapri. Ngebacot saja di grup dengan segala tanggung jawab yang harus dipikul sendiri, karena semua orang tahu.

  1. Ceklis Satu

Hanya satu.

Akan satu terus.

Begitu terus.

Semua kata dan kalimatmu sia-sia.

Hujan yang tumbuh ke bumi tidak menumbuhkan satu benih pun. Begitu kurang lebih kata Cah Cinta yang galau.

  1. Gagal Menghubungkan Apabila Kamu Mencoba Menelepon dan Membuat Panggilan Video

Telegram sekarang sudah ada panggilan video. Dulu belum. Tapi sama aja keterangannya ketika kamu mencoba menghubungi Bambang yang sudah memblokirmu.

Keterangannya seperti ini, Gagal Menghubungkan – Maaf, Anda tidak dapat menghubungi Bambang karena pengaturan privasi mereka.

Sebenarnya poin ini bisa jadi salah satu poin yang abu-abu.

Apabila Bambang memang nggak mau orang-orang melakukan panggilan, maka Bambang bisa mengubah pengaturan kalau “tidak ada” yang bisa melakukan panggilan padanya,

Atau lagi nih. Misalnya Bambang tidak memblokirmu tapi tidak menyimpan kontakmu. Sedangkan pengaturan Bambang adalah hanya orang dalam kontaknya saja yang bisa melakukan panggilan. Maka mau pakai dukun apapun. Kamu nggak akan bisa menembus kontak si Bambang dengan panggilan telepon.

Dan yaaahhhh…. udah gitu aja.

Kesimpulan Bagaimana Cara Tahu Kalau Telegram Kita diblokir (2020)?

Setidaknya kalau semua poin di atas diperhatikan dan semuanya benar-benar terjadi. Maka sudah dipastikan kamu diblokir.

Yang paling terlihat jelas alias yang “bau blokir” mudah terendus adalah poin keterangan kapan terakhir online. Kalau tbtb “terlihat sangat lama” maka kamu sudah diblokir. Untuk penguatnya kamu bisa cari tahu ciri-ciri lainnya.

Gitu deh.

Gimana rasanya diblokir sama Bambang?

Enak?

Next Post

No more post

You May Also Like

6 Comments

  1. kak, kalo misal kita ngeblokir orang trus kita ganti nama telegram nah keliatan nggak di orang yg kita blokir?

    1. Apabila kamu rename setelah memblokir orang. Maka nama baru kamu akan terlihat dikontak yang bersangkutan. Tapi dengan ciri diblokir seperti yg tertulis di postingan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *