Berikut 7 Kriteria Bloger yang Unik, Apakah Kamu Salah Satunya?

Berikut 7 Kriteria Bloger yang Unik, Apakah Kamu Salah Satunya?

Berikut 7 Kriteria Bloger yang Unik, Apakah Kamu Salah Satunya? – Pada suatu kesempatan saya jalan-jalan ke blog lain. Ada sebuah komentar bloger yang mengatakan bahwa dia bloger biasa di antara ramainya blog dengan niche travelling. Dia kesulitan mencari keunikan dalam dirinya sehingga sulit menonjol dibandingkan bloger lainnya.

Ada lagi bloger yang dalam tulisannya baru menyadari bahwa ia unik setelah beberapa tahun. Kalau kamu bagaimana? Kamu unik belum? Udah makan belum? *eh

Mengapa Bloger Harus Menjadi Unik dibandingkan Bloger Lainnya?

Tentu saja agar mudah diingat dan sulit dilupakan. Pernah nggak kamu nanya ke diri kamu sendiri. Kamu akan diingat menjadi bloger apa? Yang bagaimana?

Bloger itu banyak banget di Indonesia (kan ceritanya ini blog berbahasa Indonesia). Kalau kamu nggak unik, kamu akan mudah dilupakan pembaca dan tentunya mesin pencari.

Kalau nggak unik dan dilupakan pembaca. Itu jelas banget ya. Sudah fakta. Tapi gimana ceritanya bisa dilupakan mesin pencari?

Begini nih. Pernah nggak artikel kamu menghilang dari SERP? Saya sih pernah dong (((bangga syekali)))… wqwq.

Saat cek webmasters, satu kategori tulisan dalam blog saya tidak lagi diindex (bukan blog yang ini sih). Setelah cek ricek kenapa beberapa tulisan saya tidak lagi terindex. Ditemukan jawaban bahwa tulisan saya kurang berkualitas dan tersingkir dari mesin pencari. *sakit tapi tidak berdarah.

Solusi termudahnya bisa disubmit kembali sih. Tapi akhirnya saya hapus dan mulai belajar untuk serius menggarap tulisan walaupun tulisan saya itu receh level dewa. Saya nggak main-main walaupun tulisan saya terkesan main-main.

Ngapain saya nulis kalau untuk dilupakan? Eaaaaa…

Lalu bagaimana Caranya Menjadi Bloger yang Unik?

Serius nanya sama saya? *celingak celinguk kanan kiri dan belakang.

Blog saya ini masih bayi sekali lho. Setahun aja belum. Memutuskan untuk mengerucutkan topik bahasan juga baru kemaren :p. Saya ini bloger baru kemaren. Jadi panggil saya Dek Momo saja. Wqwq…

Berikut 7 Kriteria Bloger yang Unik, Apakah Kamu Salah Satunya?

Tapi nih sejauh sependek ini malang melintang di dunia perblogan. Saya punya kriteria yang menurut saya bisa dikatakan bahwa bloger itu unik. Berikut 7 Kriteria Bloger yang Unik, Apakah Kamu Salah Satunya?

  1. Bloger Unik itu Punya Sudut Pandang Pribadi

Sudut pandang pribadi di mana bloger tersebut mampu mengemukakan sebuah pendapat atas sebuah kasus atau topik. Bukan sekedar pendapat, melainkan bisa membuka pemikiran baru bagi pembacanya. Bloger unik mampu menulis opini sejujur-jujurnya sekaligus tidak melukai pihak manapun.

Pembaca biasanya sulit lupa dengan bloger yang tipe begini. Suatu saat pembaca akan kembali mengunjungi blog yang bersangkutan kembali.

Jadi sudahkah kamu menjadi bloger yang memiliki sudut pandang pribadi?

  1. Bloger Unik itu Punya Tampilan Blog yang Kece

Emang sih. Banyak yang bilang konten adalah raja. Tapi raja juga harus punya istana dong. Ya nggak?

Tampilan blog yang kece menurut saya adalah yang memiliki navigasi baik, menu kategori yang jelas (baca di sini untuk yang pengen tahu cara merapikan kategori), cepat diakses, logo, pokoknya emang niat banget buatnya.

Saya pernah lihat blog yang membuat saya bedecak kagum karena tampilannya. Bikin ilustrasi dan infografisnya juga oke banget. Pokoknya saya merasa menjadi butiran debu melihat betapa kecenya empunya blog menata “istananya”.

Tambahan nih. Minimal banget blog itu nggak usah naruh widget yang nggak penting seperti kalender atau aquarium. Musik juga nggak usah, berasa mau kondangan aja : )))

  1. Bloger Unik itu Diingat Akan Topiknya

Butuh info mengenai jalan-jalan yang oke nih. Maka kamu ingat bloger……

Butuh info tentang investasi jangka panjang nih. Maka kamu ingat bloger…..

Butuh resep masakan kue kering nih. Maka kamu ingat bloger…..

Mau rekomendasi tempat makanan enak di wilayah anu nih. Maka kamu ingat bloger…..

Kesimpulan dari poin 3 adalah bloger unik itu punya topik yang jelas. Tahu belum kalau sekarang mesin pencari itu menekankan pada authority atau si penulis. Kalau kata mesin pencari kamu sudah oke pada topik yang kamu sajikan. Mau nulis apa juga akan cepat terindex. Untuk urusan adsense juga beda banget penghasilannya dari blog gado-gado.

Sudahkah kamu memiliki topik yang jelas di blog yang kamu miliki?

Berikut 7 Kriteria Bloger yang Unik, Apakah Kamu Salah Satunya?

  1. Bloger Unik itu Tahu Caranya Menyampaikan Sesuatu

Pernah nggak baca tutorial di blog tapi nggak paham. Dibeberapa step malah jadi nggak jelas petunjuknya. Saya sih sering ya. Hahaha. Itu tandanya penulis kurang mampu menyampaikan pesan dengan baik ke pembaca.

Buat saya sih, bagaimana penulis menyampaikan itu lebih penting dari apa yang disampaikan. Mau materinya berat seperti fisika kuantum. Kalau cara menulisnya asyik, itu sangat kece di mata saya.

Mau topik yang sangat sederhana kalau penulis nggak bisa menyampaikan. Please deh yak.

Jadi, bloger unik adalah mampu meramu banyak hal menjadi sajian yang mudah dicerna pembaca.

  1. Bloger Unik itu Jelas Original Nggak Boleh Kurang

Bloger unik itu nggak ada kata copas. Apalagi yang plek 100 %. Saya pernah dong dicopas plek 100%, ada rasa bangga berarti tulisan saya cukup kece di mata oranglain sekaligus rasa sakit tapi tidak berdarah.

Menulis itu harus dipahami sebagai proses. Nggak bisa langsung jebrat jebret langsung jago kukuruyuk. Mau terbiasa nulis 1000 kata juga harus dilatih dengan menulis 300 kata dan perlahan naik dosisnya.

Kalau terinspirasi tulisan oranglain sih boleh saja. Kan there’s nothing new under the sun.

Lagian siapa sih yang suka copas? Saya yakin kok dari hati yang paling dalam kalau pelaku copas ditanya, pasti dia juga nggak suka copas.

Google juga sama sekali nggak suka copas. Mau disukai mesin pencari dan pembaca, jadilah original.

  1. Bloger Unik itu Punya Gaya Bahasa Tersendiri

Yha nggak kayak Vicky Prasetyo juga sih.

Ibaratnya tulisan itu seperti punya atmosfer tersendiri. Pembaca kalau sudah tahu kamu punya ciri khas. Tulisan akan sangat mudah tertebak siapa yang buat. Seperti mendengar penyanyi yang sudah punya karakter.

Tahu tulisannya Raditya Dika, Alitt Susanto, atau Agus Mulyadi? Mereka adalah bloger yang memiliki gaya bahasa sendiri. Walaupun mungkin sama-sama lucu, mereka itu beda banget. Sangat-sangat beda. Tentu saja karena latar belakangnya juga berbeda ya?

Nah gimana? Kamu sudah punya gaya bahasa sendiri yang menjadi ciri khas kamu?

Kalau belum. Terus menulis. Pasti muncul. Atau gaya itu memang ada tapi tidak kamu sadari.

  1. Bloger Unik itu Konsisten

Buat apa kalau sudah memenuhi kriteria 1-6 tapi tidak konsisten menjadi bloger? Hahahaha…

Waktu akan menguji para bloger secara alami. Siapa yang bertahan kemudian bisa stand out atau siapa saja yang akan pergi dengan senang hati atau justru menyerah.

Bloger bisa datang dan pergi kapan saja. Menyerah itu sangat mudah karena ngeblog bukan suatu hal yang “mengikat”.

Namun bagi saya ngeblog adalah sebuah komitmen. Sejauh ini saya masih ngeblog dan akan seperti itu hingga saya nggak bisa nulis lagi. Saya emang suka menulis sih pada dasarnya. *paragraf curhat.

Berikut 7 Kriteria Bloger yang Unik, Apakah Kamu Salah Satunya?

Kesimpulan dari 7 Kriteria Bloger yang Unik

… yang saya paparkan di atas hanya pendapat pribadi saja. Barangkali kamu juga punya pendapat tersendiri mengenai kriteria bloger yang unik.

Melihat 7 pola kriteria bloger yang unik di atas. Mungkin menggambarkan bahwa menjadi unik bukanlah hal yang instan. Semua butuh proses dan tempaan.

Jadi, kamukah bloger unik yang dimaksud?

 

14 thoughts on “Berikut 7 Kriteria Bloger yang Unik, Apakah Kamu Salah Satunya?

  1. Ah bener sekali, mbk momo salah satu blogger unik itu, punya khas bahasa sendiri yang bikin ngakak saat baca tulisannya, namun tetap bagus penyapaian pesannya.
    keren

  2. Saya kurang tau malah apa saya sudah cukup unik atau belum, soalnya nulis aja masih belepotan. Wkwm

    Kalau mba momo sih emang dah ada karakter nih dalam tulisannya, bisa bahas sesuatu yang serius dengan santai.

    1. bisa ngadain polling tuh sama pembacanya.
      tanyakan Abdul Jalil itu unik apa nggak, hehe

      enak santai aja sih, buru-buru itu nggak enak *eh

Tinggalkan Balasan