Kamu Nggak Cocok Ngeblog Kalau Kelakuanmu Begini

Kamu Nggak Cocok Ngeblog Kalau Kelakuanmu Begini

Kamu Nggak Cocok Ngeblog Kalau Kelakuanmu Begini – Dari sekian tahun ngeblog. Ada tahun dimana saya benar-benar lupa dengan aktivitas ngeblog. Kalau dipikir-pikir, agak nyesel juga kenapa saya nggak begitu konsisten dari dulu. Mungkinkah karena saya labil? 

Kemudian melihat geliat dunia per-blog-an saat ini. Rasa-rasanya orang-orang seperti saya dulu masih ada saja. Datang dan pergi seenak hati. Hehe…

Kata orang, ngeblog jangan dibuat jadi beban. Kata saya, ngeblog itu memang bukan beban tapi harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Kata orang, ngeblog buat senang-senang saja. Kata saya, ngeblog memang menyenangkan hingga saya belum menemukan alasan untuk meninggalkannya.

Jadi, layaknya skincare pada diri seorang perempuan. Ngeblog juga sangat cocok-cocokan. Mungkin di saya cocok. Mungkin di kamu nggak sama sekali. Tapi, tahu dari mana cocok atau tidaknya kita dalam ngeblog? Nah, ini dia kelakuan-kelakuan yang membuat kamu nggak cocok ngeblog. Kamu lebih cocok di air. Mungkin jadi mujaer.

  1. Kamu males ngerjain PR

Menulis itu seperti mengerjakan PR setiap hari. Nggak ada selesainya. Misalnya kamu lagi menulis  suatu artikel. Udah deh hidup kamu bakalan dihantuin dengan artikel tersebut. Nanti kalau sudah selesai. Bakalan muncul lagi PR baru.

Akan selalu muncul pertanyaan : Saya nulis apa lagi ya?

Eh kelakuan kamu males melanjutkan menulis tulisan berikutnya.

Kamu nggak cocok ngeblog. Udah tidur aja.

  1. Kebanyakan alesan karena kesibukan

“Kamu nggak ngeblog lagi kenapa?”

“Iya, sibuk cari uang nih. Kerja”

Alasan setipe lainnya bisa karena sekolah atau sedang mengerjakan tugas akhir. Yha sih, masih masuk akal. Tapi, emang nggak ada gitu sedikit waktu buat saya? Kamu kok egois banget (saya : ngeblog maksudnya). wqwq

Percaya deh. Kalau niat cari waktu untuk menulis, itu bisa kapan saja dilakukan. Kamu bisa buat outline terlebih dahulu (sila baca di sini untuk urusan outline). Jadi ketika sudah dihadapan komputer/laptop/hape tinggal menggoreng bahan yang sudah ada saja.

  1. Mengaku nggak ada ide buat nulis

Bagi saya. Menunggu ide datang ketika duduk di depan laptop adalah sebuah KETERLAMBATAN.

TELAT….

Karena ide harusnya muncul sebelum kamu duduk di depan layar monitor. Ketika kamu sudah mengetik, itu hanya eksekusinya saja.

Sudah pakai niche belum blognya? Kalau belum bisa tuh jadi pertimbangan supaya kamu punya kerangka dasar untuk menulis. (Baca juga : Alasan mengapa saya akhirnya ngeblog dengan niche).

Kalau belum dan tema blog kamu masih gado-gado. Artinya kamu kurang peka. Karena ide itu nggak melulu harus sesuatu yang wah. Hal remeh juga bisa jadi ide dengan sudut pandang dan cara menulis yang baik.

  1. Terburu-buru ingin banyak pengikut, disukai, dan muncul di halaman pertama mesin pencari

Kalau kamu bukan orang yang sabar dan telaten. Siap-siap kamu akan kecewa. Ngeblog itu investasi dengan waktu. Makanya nggak ada yang serba cepat. Semua ada prosesnya.

Lagian, kalau tulisan kamu nggak bagus. Kenapa juga harus disukai? Kenapa harus muncul di halaman pertama mesin pencari?

Semua ada prosesnya dan ada ilmunya.

  1. Tidak bersosialisasi dengan bloger lainnya

Ya mikir aja sih, situ mau dikunjungi orang tapi nggak pernah jalan-jalan ke blog orang lain. Maunya menang sendiri aja. Malas berkomentar di blog orang, bahkan malas membalas komentar di blog sendiri.

Kesannya gimana gitu.

  1. Tidak punya tujuan yang jelas

Ngapain sih ngeblog? Cuma ikut-ikutan orang lain? biar bisa nulis di sosmed dan memamerkan alamat blognya? Atau apa?

Kalau nggak punya tujuan yang jelas. Saya jamin deh, paling lama 6 bulan bertahan. Setelah itu hilang entah ke mana.

Banyak yang begitu?

Banyak banget.

Dulu saya juga begitu sih solanya. haha

  1. Tidak menikmati aktivitas menulis

“Ih kamu kok bisa sih nulis begitu? Gimana caranya? Mau dong bisa begitu.”

“Yha nulis.”

“Saya nggak suka nulis.”

Tinggal nulis aja. Itu adalah kalimat pertama saya ketika ada yang tanya bagaimana bisa jadi bloger. Kalau jawabannya saya nggak suka nulis. Saya langsung kasih saran : “Udah jangan ngeblog. Kamu tak akan kuat.”

Aktivitas utama ngeblog adalah menulis. Kalau nggak suka, pasti ngeblog sangat memberatkan hati.

  1. Nggak mau evaluasi

Nggak mau evaluasi kenapa tahunan ngeblog tapi nggak ada perubahan. Begitu-begitu saja. Nggak ada perbaikan juga. Yha udah, bersiaplah kamu hanya nyempil di antara bloger-bloger lainnya yang siaga melakukan evaluasi.

Ngeblog itu nggak gampang lho…

Sedikitnya harus belajar perihal kepenulisan, bisa kode-kodean dikit, belajar SEO dikit-dikit, menata anu dan anu. Semua nggak bisa dikuasai sekali mahir. Ehhh kamunya nggak mau evaluasi.

Kamu Nggak Cocok Ngeblog Kalau Kelakuanmu Begini

Penutup…

Walaupun beberapa hal di atas muncul. Kamu bisa kok perbaiki. Asal kamu mau. Asal kamu terus konsisten ngeblog, terus bangun konten kamu.

Habis gimana dong? Ada perbaikan kan karena ada tindakan sebelumnya.

Eh kamunya berhenti di tengah jalan gitu aja.

4 thoughts on “Kamu Nggak Cocok Ngeblog Kalau Kelakuanmu Begini

  1. Menjadi seorang blogger itu harus pandai memanajemen aktivitas.
    Sebab aktivitas yang kurang dan duduk terus-menerus bisa membawa penyakit.
    Saran kami berdirilah sambil ngeblog….
    Salam santun….

Tinggalkan Balasan