Menangkal Kecanduan Melihat Statistik Blog

Kecanduan Melihat Statistik Blog

Menangkal Kecanduan Melihat Statistik Blog – Ada kalanya statistik itu bikin candu. Di mana dan kapanpun sering kepikiran satatistik blog. Buka aplikasi wordpress di hape eh langsung menuju ke bagian statistiknya. Buka blog di laptop, larinya ke statistik. Yang dipikirin dari ngeblog? Eh malah statistiknya. Dari mana saya tahu? Karena saya pernah mengalaminya dulu. Sekarang? Biasa aja sih, kalau ada perlunya aja.

Jadi, dipostingan ini saya mau kasih tip bagaimana menagkal kecanduan melihat statistik blog. Tentu saja berdasarkan pengalaman pribadi.

Apa sih fungsi dari statistik blog?

Ya jelas tentang angka yang mencerminkan perkembangan blog yang kamu miliki. Tapi itu hanya perhitungan kasar saja. Percaya deh statistik bawaan itu (dari wordpress atau blogspot) tidak menunjukkan angka yang sebanarnya. Mau lebih jelas? Ada google analytics.

Mau lihat statistik blog secara detail? Google analytics adalah jawaban. Karena bisa jadi yang terlihat pada statistik bawaan sebanyak 5k. Eh pas aslinya hanya 4k saja.

Kecanduan statistik itu nggak sehat

Dipikir-pikir nih, kalau kecanduan melihat statistik ini ternyata nggak sehat juga. Kenapa? Karena yang harusnya fokus membangun blog malah banyak buang-buang waktu. Padahal, statistik bagus atau tidaknya sebuah blog ditentukan dengan usaha pemilik blog itu sendiri.

Kondisi kejiwaan juga bisa terganggu kalau fokus sama statistik. Misal kasusnya begini ;

Ketika statistik blog memang lagi bagus

Bagus atau tidaknya hanya pemilik blog yang tahu. Bloger tentunya akan senang kalau statistik blognya naik naik ke puncak gunung. Efek senang ini tentunya membuat bloger jadi mengulangi kembali membuka statistik.

Bangun tidur lihat statistik blog, nganggur dikit lihat statistik blog. Begitulah manusia, selalu punya kecenderungan untuk mengulangi kesenangan yang pernah ia dapatkan.

Tapi, ketika statistik blog malah menurun….

Sedih.

Kenapa sih nggak kayak kemarin. Kenapa?

Pernah demikian?

Mending kalau bikin semangat. Kalau malah bikin nyerah dan berhenti ngeblog karena merasa segala usahanya sia-sia?

Itu sih gawat.

Nah… setelah sekian panjang perjalanan saya ngeblog, cara-cara berikut bisa diterapkan untuk menangkal kecanduan melihat statistik blog. Apa saja?

  1. Punya jadwal

Kapan sih jadwalnya lihat statistik? Gunakan dosis yang tepat. Mau seminggu sekali, dua minggu sekali. Sehari sekali? Enaknya aja gimana, yang penting punya jadwal dan jangan melanggar.

Saya punya pengalaman tidak membuka statistik selama sebulan penuh. Rasa-rasanya ngeblog jadi adem.

  1. Menghindari membuka dasbor blog

Kalau saya, selalu login yang mengarahkan ke post new. Jadi, fokusnya dalah mulai mempost sebuah tulisan. Bukan nengok statistik.

  1. Blogwalking mungkin jadi pilihan yang lebih baik

Blogwalking emang jauh lebih manfaat daripada nongkrong di statistik. Bisa dapat informasi baru dari bloger lain atau dapat teman baru. Ya kan?

Eh tapi, saya juga punya jadwal blogwalking. Nggak bisa realtime kasih komen-komen gitu. Jadi, maap ya kalau ada yang terlewat. Makanya, main dong ke blog saya. Biar nyarinya gampang. (ini modus banget).

  1. Ingat kembali tujuan awal ngeblog

Tujuannya untuk statistik? Untuk apa?

Coba deh ingat-ingat kembali apa tujuannya. Kalau saya kan emang suka benget sama aktivitas menulisnya. Jadi, saya pakai mantra. Saya suka menulis, saya suka menulis, saya suka menulis.

Yap. Bukan suka sama statistik kan?

Lagian sejak kapan saya suka sama statistik? *inget zaman sekolah dulu.

Hih.

  1. Ngeblog Lebih Santai

Santai dong my lov. *termojok nih.

Yaaa santai, nggak mau terlalu mikirin statistik. Tapi bukan berarti nggak lihat statistik sama sekali.

Saya akan membuka statistik blog jika memang diperlukan. Selain itu kalau nggak penting-penting banget yha nggak usah ditengok. Di google analytic juga demikian.

Saya nggak mau kebahagiaan ngeblog saya direnggut oleh angka-angka yang justru menjauhkan saya dari “kesenangan” menulis.

Kecanduan Melihat Statistik Blog
sumber : pixabay

Kesimpulannya???

Ngeblog emang harus  pinter kapan ngegas dan kapan ngerem. Kapan nulis, kapan blogwalking, kapan liburan, kapan cari ide, kapan promosi dan kapan membuka statistik.

Masalah statistik blog ini nggak ada yang terus naik. Selalu ada saat naik, ada saat turun. Nikmati aja semuanya sebagai bagian yang memang wajar dari ngeblog.

Jangan sampai deh kebahagian ngeblog bergantung dengan statistik.

Jangan lupa bahagia.

Selamat senin. Salam hangat dari Momo.

Terima kasih sudah membaca.

9 thoughts on “Menangkal Kecanduan Melihat Statistik Blog

  1. Wah saya kebetulan masih kecanduan statistik nih, emang kadang bikin seneng kalo naik, tapi pas turun langsung bikin down kadang. Hiii

    Tip nya harus diterapin nih. Makasih mba dah sharing

Tinggalkan Balasan