Langkah Mudah Membuat Blog Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Langkah Mudah Membuat Blog Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Judul yang sebenarnya adalah masih panjang yaitu, langkah mudah membuat blog sebagai sumber penghasilan tambahan, yang sebenarnya nggak mudah-mudah banget.

Karena banyak yang tanya ke saya gimana cara dapatkan pendapatan dari punya blog. Jadi, saya kasih langkahnya sesuai dengan pengalaman. Tiap orang mungkin bisa beda sudut pandangnya. Anggap saya ini buat pemula ya.

1.       Mikir Niche yang Sekiranya Mudah digali dalam Rentang Waktu yang Tidak sebentar

Kenapa?

Karena menulis adalah masalah konsistensi. Butuh update dalam beberapa rentang waktu. membangun blog bukan satu dua hari. Bisa jadi seumur hidupmu. Apalagi kalau kamu mengelolanya seorang diri. Yowes, tanyakan pada dirimu di mana kamu punya kemungkinan menggali lebih dalam.

Mana hal-hal yang sekiranya senang untuk menggalinya.

Tulisan tentang Niche di sini.

2.       Kumpulkan Beberapa Tulisan, Kemudian Simpan Dulu

Beri waktu buat dirimu untuk menulis dan membuat stok tulisan. Jangan hakimi dulu, nanti masalah editing bisa dibantu sama plugin. Simpan di file baik-baik.

Buat minimal jumlahnya, misalkan 30 tulisan untuk langkah awal.

Cara Memikat dengan Tulisan Awal pada Blog.

3.       Sambil Membuat Stok Tulisan, Coba Kumpulkan Uang

“Uang saya banyak Mo, nggak usah dikumpulin.”

Oh yaaa bagus kalau gitu. Uang di sini digunakan untuk menyewa domain dan self hosting. Kalau demennya pakai blogspot tinggal beli domainnya aja. Bagi yang suka kemudahan, lebih baik gunakan self hosting saja.

Di sini tulisan saya tentang memilih hosting.

4.       Belajar Membangun Blog dari Sisi Teknis

Biasanya untuk masing-masing penyedia layanan sudah menyediakan video atau linknya. Jangan males cari tahu. Semua ada jalannya.

Cari mana plugin yang penting untuk diinstall. Pilih tema yang bersih dan mudah. Beli tema premium juga boleh kalau punya biaya banyak.

5.       Mulailah Menerbitkan Tulisan di Blog

Karena stoknya sudah ada. Terbitkan tulisan di dalam blog.

Kalau butuh tuntunan nulis secara SEO, ada plugin yang bisa menuntun agar kamu bisa menulis sesuai dengan kaidah SEO yang katanya hanya mitos itu.

6.       Daftarkan Blog yang Kamu miliki di Webmaster

Banyak sih webmasternya, dari google, bing, dll. Cari aja caranya di internet, banyak kok.

7.       Rapikan Blogmu

Rapikan di sini lebih bertujuan agar blog kamu memberikan pengalaman yang mudah pada pengunjung blog kamu. Tidak usah kasih fitur yang tidak penting dan memberatkan loading blog. Pakai seperlunya.

8.       Teruslah…

Teruslah menulis. Terus update. Hingga kamu cukup percaya diri untuk mendaftar ke adsense. Sebenarnya banyak banget sih selainnya adsense. Reseller adsense juga banyak banget. Tapi saya ada pengalaman pahit sama salah satu resellernya adsense.

Begini nih, jadi karena untuk masalah kode iklan dan tagihan, langsung dituju pada yang bersangkutan (bagian tim dan keuangan). Biasanya kontak pakai email. Menyebalkannya adalah sama sekali nggak ada respon. Semacam digantung gitulah. Kodenya nggak dikasih lagi, karena kode lama iklannya nggak muncul. Alhasil pendapatan saya sebelumnya tidak bisa diambil. Padahal sudah lumayan uangnya. Bisa beli kuaci banyak banget.

Tulisan Menekan Bounce Rate di sini.

9.       Kalau Tidak diterima?

Coba lagi. Adsense akan bilang apa kekuranganmu. Perbaiki sesuai rujukan. Kalau tetap tidak bisa, bisa melipir ke tempat-tempat alternatif lain yang bisa kerjasama bareng kamu.

Tip diterima adsense di sini.

10.   Nikmati Prosesnya

Santai aja. Kalau emang rezeki nggak akan kemana. Katanya sih begitu. Tapi emang bener, kalau fokusnya pada uang, bakalan puyeng banget. Kalau tidak tahu remnya, bisa menghalalkan segala cara.

Di sini tulisan ngeblog hanya untuk uang.

11.   Jangan Bikin Satu Blog Saja

Coba buat blog lainnya. Ulangi step seperti di awal. Kalau sudah punya akun adsense, tinggal add site saja dan tunggu konfirmasinya diterima atau tidak.

Kenapa jangan satu?

Biar tahu cara kerjanya begitu beragam di macam-macam niche. Ada yang murah banget, ada yang lumayan harganya meski pengunjungnya tidak seberapa.

Cerita Ternak Bebek di Sini, Sebelum Ternak Blog

Kesimpulan Langkah Mudah Membuat Blog Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Kalau kamu serius melakukan satu hal, cari nikmatnya. Kalau suka curhat di blog. Lebih baik gunakan satu domain sendiri. Kayak saya yang demen banget curhat di sini.

Kalau sudah berjalan dengan baik. Cara mendapatkan pendapatan dari blog bisa macam-macam, nanti ada aja yang nawarin kerjasama yang macam-macam.

Sudah?

Sudah?

Mau nanya? Boleh. Nanti saya coba jawab.

Next Post

No more post

You May Also Like

15 Comments

        1. Soalnya punyaku juga blank beberapa bulan. Udah diutak atik tetap blank.

          Sama kecilnya kok. Cuma sayang aja sama yg udah kekumpul ada $60 lebih kayaknya. Kan bisa buat bayar tagihan tu ☹️

          1. Tapi kalau buat blog wordpress memang lebih mudah dapat penghasilannya, entah dari iklan atau placement gitu.
            Kalau blogger, susah banget, terutama naikin traffic, padahal udah niche.
            Apa aku aja yah, yang gak bisa 😛😛

  1. Tapi penghasilan wordads cuman mentok buat bayar perpanjang domain aja sih kalo aku, 😂. Gk berani beli hosting sendiri, dah nyaman males utak atik lagi. Wwkwk

    1. Jadi semacam mendaftarkan properti domain kalau itu milik kita. Nanti ada kode yang harus disisipin gitu. Fungsinya biar kedeteksi mensin pencari juga, dari bing, google. Tujuan kelanjutannya biar blog atau web kedatangan pengunjung. Karena pengunjung menemukan tulisan di mesin pencari. Kurang lebih gitu

      Kalo google webmaster sekarang lebih dikenal dengan Google Search Console

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *