Mengintip Jiwa Manusia dalam Tulisan

Mengintip Jiwa Manusia dalam Tulisan

Kau, penghancur nirwana. Distorsi alam sadarku. Aku mulai menggila memikirkanmu, saat peluknya menghantar tidurmu setiap malam. Dengarlah… Tinggalkan kekasihmu, tinggallah bersamaku, engkau inti napasku dari semesta hidupku – Nidji (Semesta…

Read more »
Ngeblog Hanya Untuk Uang

Yang Akan Kamu Dapatkan Jika Ngeblog Hanya Untuk Uang

Ngeblog dan dapat uang emang bukan hal baru. Bukan pula suatu kebohongan, bukan mitos. Banyak kok blog-blog yang memandu para bloger untuk bisa menghasilkan uang. Caranya ada banyak sekali. Dari…

Read more »
cara membuat about me pada blog

Cara Sotoy Membuat About Me Pada Blog

*tulisan ini pendek. Tidak akan banyak menyita waktu kamu kok. Ngebolang di dunia blog ternyata saya nggak pernah bener bikin “about me” dan sepertinya akan terus demikian. Pada tulisan ini…

Read more »
penulis rentan bunuh diri

Penulis Rentan Bunuh Diri? Bloger Apa Kabar?

Tuhan, jangan katakan padaku bahwa alasanku menangis pada hari pertama aku lahir di dunia adalah karena menyesal sudah dilahirkan sebagai manusia. Apa yang ada di dalam pikiran orang kebanyakan ketika…

Read more »
tahun pertama ngeblog

Melewati Satu Tahun Pertama Ngeblog

Berpikirlah seseorang mengantar seekor beruang ke pintumu, barangkali terluka dan gila; atau pikirkan seekor rusa besar telah bangkit dari lubuk telaga, dan diujung tanduknya ada anak yang belum pernah kau…

Read more »
hal terbaik dalam menulis

Hal Terbaik dalam Menulis

“Mama sama Papa kan sudah nggak bareng lagi. Kata Tante, kalau bareng, jadi nggak bahagia.” “Hah?” “Bahagia itu apa Kak?” Bagaimana kalau kalimat itu ditanyakan kepada kamu dari gadis kecil…

Read more »
bijak di sosmed

Belajar Menyikapi Sosial Media dari Kasus Para Seleb Embuh

Artis, seleb tv, influencer, selebgram, selebtwit, seleb-embuh… di mana-mana ada aja dramanya, ada aja kabarnya. Dramanya nggak cukup nongol di TV saja sebagai hiburan, sosial media mereka pun penuh dengan…

Read more »