Penipuan Berkedok Hadiah yang Mengatas Namakan OVO

Penipuan  Berkedok Hadiah yang Mengatas Namakan OVO – Jadi, di tulisan ini saya mau share aja untuk kamu-kamu semuanya agar lebih hati-hati.

Sudah beberapa bulan belakangan saya menggunakan OVO, biasanya dipakai untuk sekadar isi pulsa, bayar listrik, jajan, bayar tokopedia, atau grab. Lumanyan banget kalau ada promo, bisa dapat poin.

Oke langsung aja begini…

Sebelumnya, aneh banget saya dapat sms kode keamanan. Padahal saya nggak ngapa-ngapain aplikasinya. Login dengan pin lama dan jelas nggak bisa, saya login pakai kode pin yang di sms tadi. Karena curiga ada apa-apa, setelah login saya ganti pin yang baru.

Kejadiannya nggak sekali.

Penipuan yang Berkedok Hadiah yang Mengatas Namakan OVO

Selang 3 hari. Saya dapat telpon yang mengatas namakan pihak OVO dan bilang saya berhak mendapatkan uang senilai 2 juta rupiah tanpa dipotong apapun. Caranya bisa dikirim via OVO Cash atau kirim via rekening.

Anehnya… sebelum telpon itu berdering. Ada semacam pop up yang tulisannya OVO call. Setelahnya nomor itu muncul.

Kurang lebih begini percakapannya.

P(enipu) ; halo saya dengan cowok tetiak basah *nama samaran, dia sebut nama* dari OVO. Ingin menginformasikan bahwa Mbak (sebut nama lengkap saya) berhak mendapatkan hadiah senilai 2 juta. Hadiah bisa dicairkan dalam 2 cara. Rekening atau pakai ovo cash, tanpa dipungut apapun. Gimana Mbak mau diambil hadiahnya?

S(aya) ; hah? Hadiah? Mau….

P(enipu); mau pakai rekening atau ovo cash untuk penerimaan?”

S(aya); rekening saja.

P(enipu); baik, kami akan kirimkan nomor dari pihak OVO yang berjumlah 6 angka. Nanti tolong sebutkan untuk verifikasi saja.

Dan jelas, tak lama. Ada nomor Security Code yang isinya 6 angka itu masuk sebagai SMS. Saya diam. Si penipu tanya kode baru 6 itu.

P(enipu);bagaimana mbak? kita nggak tanya kode PIN. Untuk transfer hadiahnya bisa infokan nomor ATM yang digunakan kalau pakai

S(aya); hadiahnya buat mas-nya aja.

*tutup…

Hadeeeeeeeehhhh……yaelaaahhh 

Jadi, jangan pernah bilang security code/PIN OVO ke siapapun. Kode OTP juga. Jangan!!!! Kalau nggak? Semua saldo ovo cash dan ovo pin bakalan dihabisin sama para penipu ini. kenali juga nomer CS OVO yang asli.

Yang agak aneh adalah sebelum telpon itu masuk, ada semacam kayak pop up call ovo gitu. Setelah nomor asing itu nongol di layar hape saya jadi ilang pop up-nya. Saya juga berkali-kali dapat sms Security Code pada hari yang berbeda. Kok yha serem banget.

Emang sih. Saldo di ovo nggak gede. Apalagi akun ovo saya nggak premier. Nggak bisa dibuat premier karena katanya KTP saya nggak valid (NIK sama tanggal lahirnya beda). saya dianggap makhluk abal-abal dan harus ke dukcapil untuk minta surat yang mengatakan bahwa NIK saya memang valid.

*mlz saya dong…

Setelah telpon ditutup. Penipunya mencoba telpon berkali-kali. Sampai saya harus matikan ponsel saya.

Masih banyak aja yang cari keuntungan dengan cara mencuri yaaaa.

Setelah beberapa saat. Akhirnya saya SMS penipu. Begini;

Semoga yang Anda lalukan adalah hal yang sangat terpaksa Anda lalukan, karena jika tidak melakukannya Anda tidak bisa beli rexona makan. Kedepannya, semoga Anda mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik.

*krik….

 

 

21 komentar pada “Penipuan Berkedok Hadiah yang Mengatas Namakan OVO

  • 27/02/2019 pada 2:03 PM
    Permalink

    itu kenapa NIKnya bisa beda ya mbak..hmm.
    jaman sekarang orang cari uang kok ya makin aneh2 ya, kayaknya ga cuman OVo dulu gopay juga pernah ada gini2. tapi dari sekian ini aku yang paling sering ditelpon dari yang ngakunya cs telkomsel terus dapet hadiah sekian juta. dan jawbanku selalu “wes hadiahnya buat mas aja.” telpon ditutup

    Balas
  • 15/03/2019 pada 11:09 PM
    Permalink

    Haha mas tetiak basah….Ah bahkan penipu pun menyesuaikan dengan jenis produk

    Balas
  • 27/04/2019 pada 3:09 PM
    Permalink

    Kalau udah terlanjur kasih kode verifikasi tapi saya gak pakai ovo gmn ka?
    Soalnya dia tau nama aku dan dia modusnya mau nonaktifkan ovo nya…
    Krn nama aku juga takut disalah gunakan jadi aku kasih kode nya tanpa liat full pesannyaa…

    Balas
    • 30/04/2019 pada 5:08 PM
      Permalink

      lahh ini gimana? nggak pakai ovo? maksudnya nomer non aktif atau nggak ada saldonya.

      lebih baik nggak usah kasih kode. biar aman.

      Balas
  • 03/05/2019 pada 7:55 PM
    Permalink

    Kalolo saya uda ngasih nomer otp ovo saya ke pelaku. Kemudian saldo ovo saya jadi habis. Nah nanti klo saya isi ulang lagi?? Saldo sayaa jadinyaa masuk ke pelaku yaa?? Tolong infornasinya

    Balas
    • 03/05/2019 pada 8:12 PM
      Permalink

      yaaaa ampun kak. ketipu yaaaaaa.
      saldo akan tetap masuk ke ovo kakak. hanya saja harus ganti kata kunci yaaaa dan jangan kasih tahu ke siapa-siapa baik otp atau kata kunci.

      atau kalau mau aman. pakai nomer lain aj. nomor lama minta dinonaktifkan dgn cara email ke pihak ovo

      Balas
  • 26/05/2019 pada 11:24 AM
    Permalink

    kak saya baru dapet telpon dari nomor ga di kenal trus dia bilang saya dapet saldo ovo 2,5 jt sama 500 apa gitu. nah kan hape saya hilang kemaren trus dia bilang nomor saya yang satunya ga bisa dihubungi padahal saya cuma aktifin ovo pake satu nomor itupun nomor mama saya bukan saya. saya ga dapet notifikasi apapun dari ovo sebelumnya. nah itu penipuan bukan soalnya pelakunya masih hubungin saya mulu. mohon pecerahannya. plis kak bales ya

    Balas
    • 26/05/2019 pada 11:25 AM
      Permalink

      Penipuan kak. Ovo kagak bagi2 hadiaaaaah

      Balas
  • 09/06/2019 pada 12:01 PM
    Permalink

    Saya belum pernah di tlp OVO. Kaena saya ga pernah pake jasa OVO atau apalah itu. Maklum saya tinggal di desa heheh

    Balas
  • 24/06/2019 pada 11:34 AM
    Permalink

    Aku ketipu dan saldo ovo dan tokopedia aku habis. Tapi karena sadar, aku hubungin customer service dan sudah diperbaki. Tapi akun ovo penipu masih ada di aku tokopedia aku. Penipu masih ngubungin aku dan mengancam untuk akun ovonya dilepas. Gimana ini? (23 Juni 2019)

    Akun OVO penipu
    Nama : Yulisari Hinajjamuddin
    No telp : 0818-0636-9762

    no yang nipu : 0878-8882-8127
    no yang ngubuning aku minta akun ovonya dilepas 0818-0636-9641

    Balas
    • 24/06/2019 pada 11:45 AM
      Permalink

      kronologinya gimana kak??? kok bs sampe saldo toped juga? saldo ovo yg ngelink ke toped atau saldo lain di toped.

      kok ngeri bgt sampe ancem2…
      sudah hubungi ovo kak???

      Balas
      • 24/06/2019 pada 6:31 PM
        Permalink

        Wah. Barusan dapet telpon dengan modus yang sama persis. ngaku2 dari kantor ovo. No telponnya 081806184576. Dari awal saya udah tau ini penipuan dan langsung saya kerjain aja. Pusing kali orangnya saya kerjain trus dia bilang batal aja. Haha.

        Balas
        • 24/06/2019 pada 7:32 PM
          Permalink

          orang kayak gitu mesti dikerjain

          Balas
  • 16/07/2019 pada 10:08 PM
    Permalink

    Kaaaakkkkk. Aku baru aja dapet tlpn sama persis kek kakak. Dan aku tertipu. Karna disitu aku ga sadar (aku nya lagi sibuk, jadi spontan gitu jawabnya). Saldo ovo ku habis hanya tersisa 268 rupiah. Dan notif dari ovo itu bahwa aku udah transaksi di tokopedia sejumlah 708.500. Sedih akutu, sumpah sedih banget, ampe nyalahin diri sendiri, bego banget aku ini

    Balas
    • 17/07/2019 pada 5:25 AM
      Permalink

      dilaporkan yaaa kejadiannya. semoga bisa ambil pelajaran dari sini

      Balas
  • 27/07/2019 pada 11:05 AM
    Permalink

    Hmm baru banget kamren aku di telfon dari pihak ovo nomernya 081929000061.. Dan sama kek gitu sebelum ada panggilan masuk tuh ada pop up nya Tulisnnya Chustomer OVO jkatra kuningann (acak gitu). Ditanya akun ovoku itu ke grab dan tokopedia atau engga dan udah berpa lama .. Mana ku inget ya kan, abis itu dia ngasih tau kalo nomer aku itu bisa dapet 3 jt dari ovo dan hadiahnya bisa dikirim via ovo atau rekening. Rekening aku bilang enga punya lewat ovo aja, udah gitu kalo ovo cuma bisa 2 juta ku bilang iya 2 jt ajah 1 jtnya enga usah. Dia kirim sms dari Tokopedia ada kode 6 digit itu kusebut acak yang pertama dia tau tuh kalo ku acak abis gitu di kirim ulang baru kasih bener abis tokopedia dia kirim dari ovo, dari ovo engga ku kasih. aku tutup telfonnya tuh dia telfon aku terus terus sampe ku bilang aku lagi kerja dan ad bos ku.. aku engga butuh duit buat bapa aja duitnya eh dia ngomel ngomel ngegas gitu 🙂 Kenapa enga dari tadi wkwk.

    Balas
    • 28/07/2019 pada 6:23 PM
      Permalink

      syukur kak nggak kena tipuuu 😉

      Balas

Tinggalkan Balasan