Penipuan Berkedok Hadiah yang Mengatas Namakan OVO

Penipuan  Berkedok Hadiah yang Mengatas Namakan OVO – Jadi, di tulisan ini saya mau share aja untuk kamu-kamu semuanya agar lebih hati-hati.

Sudah beberapa bulan belakangan saya menggunakan OVO, biasanya dipakai untuk sekadar isi pulsa, bayar listrik, jajan, bayar tokopedia, atau grab. Lumanyan banget kalau ada promo, bisa dapat poin.

Oke langsung aja begini…

Sebelumnya, aneh banget saya dapat sms kode keamanan. Padahal saya nggak ngapa-ngapain aplikasinya. Login dengan pin lama dan jelas nggak bisa, saya login pakai kode pin yang di sms tadi. Karena curiga ada apa-apa, setelah login saya ganti pin yang baru.

Kejadiannya nggak sekali.

Penipuan yang Berkedok Hadiah yang Mengatas Namakan OVO

Selang 3 hari. Saya dapat telpon yang mengatas namakan pihak OVO dan bilang saya berhak mendapatkan uang senilai 2 juta rupiah tanpa dipotong apapun. Caranya bisa dikirim via OVO Cash atau kirim via rekening.

Anehnya… sebelum telpon itu berdering. Ada semacam pop up yang tulisannya OVO call. Setelahnya nomor itu muncul.

Kurang lebih begini percakapannya.

P(enipu) ; halo saya dengan cowok tetiak basah *nama samaran, dia sebut nama* dari OVO. Ingin menginformasikan bahwa Mbak (sebut nama lengkap saya) berhak mendapatkan hadiah senilai 2 juta. Hadiah bisa dicairkan dalam 2 cara. Rekening atau pakai ovo cash, tanpa dipungut apapun. Gimana Mbak mau diambil hadiahnya?

S(aya) ; hah? Hadiah? Mau….

P(enipu); mau pakai rekening atau ovo cash untuk penerimaan?”

S(aya); rekening saja.

P(enipu); baik, kami akan kirimkan nomor dari pihak OVO yang berjumlah 6 angka. Nanti tolong sebutkan untuk verifikasi saja.

Dan jelas, tak lama. Ada nomor Security Code yang isinya 6 angka itu masuk sebagai SMS. Saya diam. Si penipu tanya kode baru 6 itu.

P(enipu);bagaimana mbak? kita nggak tanya kode PIN. Untuk transfer hadiahnya bisa infokan nomor ATM yang digunakan kalau pakai

S(aya); hadiahnya buat mas-nya aja.

*tutup…

Hadeeeeeeeehhhh……yaelaaahhh 

Jadi, jangan pernah bilang security code/PIN OVO ke siapapun. Kode OTP juga. Jangan!!!! Kalau nggak? Semua saldo ovo cash dan ovo pin bakalan dihabisin sama para penipu ini. kenali juga nomer CS OVO yang asli.

Yang agak aneh adalah sebelum telpon itu masuk, ada semacam kayak pop up call ovo gitu. Setelah nomor asing itu nongol di layar hape saya jadi ilang pop up-nya. Saya juga berkali-kali dapat sms Security Code pada hari yang berbeda. Kok yha serem banget.

Emang sih. Saldo di ovo nggak gede. Apalagi akun ovo saya nggak premier. Nggak bisa dibuat premier karena katanya KTP saya nggak valid (NIK sama tanggal lahirnya beda). saya dianggap makhluk abal-abal dan harus ke dukcapil untuk minta surat yang mengatakan bahwa NIK saya memang valid.

*mlz saya dong…

Setelah telpon ditutup. Penipunya mencoba telpon berkali-kali. Sampai saya harus matikan ponsel saya.

Masih banyak aja yang cari keuntungan dengan cara mencuri yaaaa.

Setelah beberapa saat. Akhirnya saya SMS penipu. Begini;

Semoga yang Anda lalukan adalah hal yang sangat terpaksa Anda lalukan, karena jika tidak melakukannya Anda tidak bisa beli rexona makan. Kedepannya, semoga Anda mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik.

*krik….

 

 

3 komentar pada “Penipuan Berkedok Hadiah yang Mengatas Namakan OVO

  • 27/02/2019 pada 2:03 PM
    Permalink

    itu kenapa NIKnya bisa beda ya mbak..hmm.
    jaman sekarang orang cari uang kok ya makin aneh2 ya, kayaknya ga cuman OVo dulu gopay juga pernah ada gini2. tapi dari sekian ini aku yang paling sering ditelpon dari yang ngakunya cs telkomsel terus dapet hadiah sekian juta. dan jawbanku selalu “wes hadiahnya buat mas aja.” telpon ditutup

    Balas
  • 15/03/2019 pada 11:09 PM
    Permalink

    Haha mas tetiak basah….Ah bahkan penipu pun menyesuaikan dengan jenis produk

    Balas

Tinggalkan Balasan